Sabtu, 31 Mei 2014

SEBAB-SEBAB KEKALAHAN JERMAN DALAM PERANG DUNIA KE-II

Penyebab kekalahan Jerman


  • Membiarkan kabur lebih dari 300 ribu pasukan Inggris & Prancis yg sudah terdesak di dunkirk dan hampir kalah. Ada beberapa dugaan kenapa Hitler membiarkan itu, yaitu seperti Hitler tidak ingin mempermalukan Inggris karena dia menganggap Inggris masih satu ras dengan Jerman dan dia berharap Inggris mau berdamai sehingga Hitler bisa fokus menghantam Soviet. Ternyata prediksi itu salah.Justru Inggris tidak mau berdamai karena doktrin pemerintah Inggris adalah tidak ingin ada satu negara di eropa yang dominan dan menguasai eropa. Selain itu AU German (Luftwaffe) juga tidak mampu menghalangi kaburnya pasukan Sekutu itu sendirian tanpa didukung AD (Heer) dan AL (Kriegsmarine).
Evakuasi Pasukan Inggris dari Dunkirk


  • Dengan Cerobohnya menyerang sekutunya sendiri yaitu Uni Soviet dengan melancarkan operasi Barbarossa tahun 1941.
Operasi Barbarossa 22 Juni 1941

  • Ikut sertanya Amerika Serikat dalam Perang Dunia II akibat diserang Jepang. Ekonomi, industri dan militer Amerika adalah yang terbesar didunia. dengan ikut sertanya Amerika pada Perang akbar tersebut mengakibatkan kekuatan Jerman, Jepang dan Sekutu-Sekutunya semakin terkikis.
poster perekrutan tentara Amerika saat Perang Dunia II
  • Biaya produksi peralatan perang yang terlalu tinggi,contohnya adalah tank Tiger sebab biaya untuk membuat 1 tank Tiger setara dengan produksi 3 buah Tank T-34 Uni Soviet. Peralatan tempur Jerman itu memang berkualitas baik dan banyak ditiru pasukan Sekutu, namun biaya untuk memproduksinya terlalu mahal dan sumber daya yang terlalu terbatas.

    Tank Tiger I milik Jerman
  • Hitler terlalu banyak membuka banyak front pertempuran contohnya saat perang melawan Inggris di Afrika Utara.Hitler membuka front baru lagi yaitu menyerang wilayah Uni Soviet yang luasnya seperempat permukaan bumi.

    Sdkfz 232 Afrika korps DAK
    Pasukan Jerman di Afrika Utara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar